Universitas PGRI Madiun Sambut 3 Universitas dari Filipina Di “Faculty Mobility Program” 

Dalam rangka menjalin kerja sama dengan Universitas asing inbound (dari luar negeri ke Indonesia), Universitas PGRI Madiun memberikan penyambutan dengan 3 mitra lembaga pendidikan di luar negeri. Universitas tersebut antara lain Nueva Ecija University Science and Technology (NEUST), Ilocos Sur Polytechnic State College (ISPSC), dan Mariano Marcos State University (MMSU).
Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis, 25/04/2024 di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun. Proses penyambutan ini dihadiri langsung oleh Dr. Elva Nuraini, S.E., M.Si (Wakil Rektor Bidang 1), Dr. Marheny Lukitasari, M.Pd (Wakil Rektor Bidang 2), Dr. Jeffry Handika,M.Pd (Wakil Rektor Bidang IV), Christina Virginia (Dekan College of Criminology Neust Filipina),  Dr. Siska Diana Sari,SH.,MH. (Dekan Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun), Nasrul Rofiah Hidayati, S.T.,M.Pd (Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun), Mahasiswa Pascasarjana Universitas PGRI Madiun, Mahasiswa PPG, dan Mahasiswa Filipina.
Wakil Rektor Bidang IV, Dr. Jeffry Handika,M.Pd dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut, beliau mengatakan bahwa Universitas PGRI Madiun telah merancang agenda sejumlah program kegiatan kolaborasi bersama, diantaranya Guest Lecture dan Pertukaran Mahasiswa.
Bapak Dr. Jeffry Handika,M.Pd menambahkan, sejumlah agenda yang sudah dirancang menjadi momentum penting bagi keempat Universitas untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan bertukar budaya maupun seni. 
“Ini merupakan sebuah momen yang baik bagi para mahasiswa untuk saling bertukar informasi, pengalaman, budaya dan seni bersama-sama.” Ujar Dr. Jeffry Handika,M.Pd, Kamis, 25/04/2024, kemarin.
International Faculty Mobility (Program Mobilitas Fakultas Internasional) merupakan inisiatif dosen atau staf akademik dari lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan pertukaran atau kunjungan ke perguruan lain di luar negeri. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan professional, meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian, serta memperkaya pengalaman akademik para dosen dan mahasiswa. Program ini juga dapat mempromosikan kolaborasi antar-lembaga dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan internasional melalui pendampingan dosen. 
Universitas PGRI Madiun memiliki jaringan mitra cukup luas untuk memastikan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa  yang terlibat dalam program ini. Dengan ketiga perguruan tinggi luar negeri sebagai mitra, ini membuktikan bahwa relasi Universitas PGRI Madiun tidak hanya di Indonesia. 
Pada acara “Welcome to Universitas PGRI Madiun- Faculty Mobility Program” lembaga mitra diberikan informasi mengenai kehidupan di kota Madiun. Mengenai kebudayaan, kesenian, pendidikan dan informasi lain yang relevan. Tujuan acara ini supaya memastikan bahwa para mahasiswa dari lembaga mitra mendapatkan pengalaman positif dan dapat menceritakan perjalanannya selama belajar di Universitas PGRI Madiun.
Melalui kegiatan ini, Universitas PGRI Madiun berharap dapat memperluas jaringan kerjasama internasionalnya serta memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu lingkungan melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara mahasiswa dari lembaga mitra.
Kedatangan mahasiswa dari NEUST, ISPSC, dan MMSU juga diharapkan dapat memberikan jaringan relasi, wawasan dan pengalaman baru yang bermanfaat bagi mahasiswa Universitas PGRI Madiun, serta menciptakan lingkungan belajar yang beragam dengan penuh kreatif.
4 mahasiswa FKIP  dan 2 mahasiswa Hukum dari NEUST mengikuti perkuliahan pada program International Credit Transfer.  3 Mahasiswa dari MMSU mengikuti program Praktik mengajar di SMAN 2 Madiun dan SDN 05 Madiun Lor selama 1 bulan. Harapannya, mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar di sekolah Indonesia dan berbagi dengan siswa.
Gambaran dari kegiatan ini menunjukan Universitas PGRI Madiun sangat berkomitmen dalam meningkatkan kualitas dan membuka pintu bagi kerjasama internasional untuk saling membangun mewujudkan insan kreatif dalam bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran.